Asisten II Kota Metro Menjadi Narasumber pada Kegiatan 1 Desember 2023 - Berita - Badan Pusat Statistik Kota Metro

TELAH RILIS! Publikasi Hasil Pencacahan Lengkap Sensus Pertanian Tahap II : Usaha Pertanian Perorangan (UTP) Subsektor Pertanian Kota Metro, Unduh disini

Bagaimana persepsi #SahabatData terhadap Kualitas Data dan Pelayanan Kami? Yuk isi Survei Kepuasan Data 2024!

Inflasi Kota Metro Juni 2024 : 0,09 persen (m-t-m); 0,64 persen (y-t-d); "Unduh BRS disini"

Asisten II Kota Metro Menjadi Narasumber pada Kegiatan 1 Desember 2023

Asisten II Kota Metro Menjadi Narasumber pada Kegiatan 1 Desember 2023

1 Desember 2023 | Kegiatan Statistik Lainnya


Ir. Yeri Ehwan, M.T. Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kota Metro

Menjadi Narasumber pada Kegiatan Diseminasi dan Penguatan Kelembagaan menuju Satu Data Indonesia Tahun 2023, BPS Kota Metro tanggal 1 Desember 2023, bertempat di Hotel Whizz, dengan Tema STRATEGI PENGENDALIAN INFLASI KOTA METRO. Dalam paparannya beliau menyampaikan berbagai Upaya Kota metro dalam dalam mengendalikan Inflasi khususnya Inflasi bahan makanan pokok. Karena saat ini andil terbesar inflasi di Kota Metro adalah kelompok pengeluaran makanan.

Berbagai Upaya tersebut antara lain  Bazar Jum ' at dilakukan sebulan sekali, Pasar Tani Agroceria rutin 2 minggu sekali , Operasi Pasar Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP)

Selain itu Tim Pengendali Inflasi Daerah juga melakukan Kegiatan pemantauan harga bahan pokok pangan strategis yang juga dilakukan secara harian dan dilaporkan kepada Pemerintah Provinsi Lampung serta kementerian terkait.

Monitoring dan evaluasi stock barang pada agen dan distributor juga dilaksanakan secara rutin dilakukan setiap bulan.

Sedangkan  untuk menjaga stabilitas pasokan monitoring dan evaluasi stock minyak kita dan bahan pokok strategis bersama SATGAS PANGAN POLRES. Monitoring Lumbung Pangan Masyarakat serta pengawasan pangan segar asal tumbuhan di tasar Tradisional dan retail modern publikasi harga harian menjadi early warning jika ada perubahan harga yang drastis.

Dalam usaha mengendalikan Inflasi Pemerintah Kota Metro menjalin komunikasi yang baik dengan para distributor dan agen, sehingga tidaka ada kegiatan penimbunan Bapok untuk mendapatkan keuntungan sepihak.

Selain itu Kerjasama juga dilakukan dengan berbagai kelompok usaha masyarakat di Kota Metro dan Bank Indonesia melakukan gerakan menanam, yaitu Gertapaga, atau gerakan tanaman ketahanan pangan keluarga, membagi bibit bawang merah.

Mengikuti Rakornas dan melaksanakan rapat teknis TPID bulanan.

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kota Metro (Statistics of Metro City)Jl. AR Prawiranegara Metro Lampung

Telp (62-725) 41758

7850853

Email: bps1872@bps.go.id

Fax (0725) 7850853

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik