Kunjungan Kerja Kadis Dukcapil Kota Metro Terkait Koordinasi Data Penduduk Miskin - Berita - Badan Pusat Statistik Kota Metro

TELAH RILIS! Publikasi Hasil Pencacahan Lengkap Sensus Pertanian Tahap II : Usaha Pertanian Perorangan (UTP) Subsektor Pertanian Kota Metro, Unduh disini

Bagaimana persepsi #SahabatData terhadap Kualitas Data dan Pelayanan Kami? Yuk isi Survei Kepuasan Data 2024!

Inflasi Kota Metro Juni 2024 : 0,09 persen (m-t-m); 0,64 persen (y-t-d); "Unduh BRS disini"

Kunjungan Kerja Kadis Dukcapil Kota Metro Terkait Koordinasi Data Penduduk Miskin

Kunjungan Kerja Kadis Dukcapil Kota Metro Terkait Koordinasi Data Penduduk Miskin

12 Juli 2024 | Kegiatan Statistik Lainnya


Kepala BPS Kota Metro pada Jum’at pagi, 12 Juli 2024 menerima kunjungan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (DisDukcapil). Pertemuan ini membahas tentang kegiatan inovasi yang akan dilakukan oleh Dukcapil yang bertajuk “GELLUK MENGAN PAI” atau Gerakan Layanan Dokumen Kependudukan untuk Penduduk Pendapatan Menengah ke Bawah Sampai Selesai. Kegiatan inovasi tersebut bertujuan untuk memberikan pelayanan kepada penduduk Kota Metro dengan pendapatan menengah ke bawah yang belum lengkap dokumen kependudukannya. Misalnya belum mempunyai KK, KIA, dan sebagainya.


Dalam kunjungan tersebut, Kadis Dukcapil Kota Metro, Ibu Ika Pusparini didampingi oleh Kabid Pelayanan Pencatatan Sipil Ibu Astuti dan Kabid Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) dan Pemanfaatan Data, serta staf terkait diterima langsung oleh Kepala BPS Kota Metro Ibu Arum Purwowati dan Statistisi Ahli Madya Bapak Yosep.


Pada kesempatan tersebut, Dukcapil ingin berkolaborasi dengan BPS, Dinas Sosial, dan Stakeholders terkait untuk menyukseskan program inovasi “GELLUK MENGAN PAI”. Dukcapil berharap dengan adanya kolaborasi dari berbagai pihak, seluruh data kependudukan di Kota Metro termasuk variabel pendukung lainnya dapat terintegrasi dengan baik. Dengan demikian, dapat diperoleh data penduduk dengan basis data yang sama untuk seluruh instansi pemerintahan di Kota Metro, misalnya dengan berbasis NIK, berbasis KIA, dll.


Menanggapi hal itu, Kepala BPS Kota Metro siap mendukung dan aktif terlibat dalam menyukseskan inovasi “GELLUK MENGAN PAI” yang akan dilaksanakan oleh Dukcapil Kota Metro tersebut. Inovasi “GELLUK MENGAN PAI” dinilai sejalan dengan program Kelurahan Cinta Statistik yang sedang dilakukan oleh BPS. Sebelumnya, BPS Kota Metro telah berkoordinasi dan melakukan pembinaan di 4 Kelurahan yaitu Kelurahan Tejo Agung, Kelurahan Tejosari, Kelurahan Hadimulyo, dan Kelurahan Mulyojati. Pada minggu kedua Juli 2024, BPS Kota Metro juga telah berkoordinasi dengan Bappeda dan STMIK Dharma Wacana Kota Metro untuk berkolaborasi dalam menyukseskan program Kelurahan Cinta Statistik.


Dijadwalkan pada minggu ketiga Bulan Juli 2024 akan dilakukan koordinasi lanjutan bersama, Bappeda, Disdukcapil, Tata pemerintahan, Camat, dan Lurah, serta OPD terkait untuk membahas Inovasi “GELLUK MENGAN PAI” dan Program Kelurahan Cinta Statistik tersebut. Kolaborasi ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan peran aktif perangkat kelurahan dan masyarakat terhadap pentingnya data statistik, termasuk data kependudukan.



-- Tim Humas BPS Kota Metro --

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kota Metro (Statistics of Metro City)Jl. AR Prawiranegara Metro Lampung

Telp (62-725) 41758

7850853

Email: bps1872@bps.go.id

Fax (0725) 7850853

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik